TEKNIK PROMOSI BUKU
RESUME PERTEMUAN KE-28
Malam ini sudah memasuki
pertemuan ke-28, berarti tinggal 2 kali pertemuan lagi kelas Belajar menulis
akan segera berakhir. Petemuan ke-28 malam hari ini mengangkat topik tentang “Teknik
promosi Buku” yang disampaikan oleh seorang penulis terkenal “Akbar Zainudin”.
Siapa yang tak kenal Akbar Zainudin?
Seorang penulis yang telah memotivasi dan menginspirasi banyak orang untuk
bersungguh-sungguh meraih kesuksesan dengan buku Best sellernya “Man Jadda
wajada”, siapa bersungguh-sungguh ia akan berhasil.
Seorang penulis tidak hanya
dituntut untuk bisa menulis, tetapi juga harus pandai dalam menjual atau
mempromosikan bukunya. Jangan pernah ragu untuk berjualan, karena keyakinan
sangat penting untuk membantu promosi sebuah buku.
Sebelum menulis sebuah buku tentukan
dulu target pembacanya, apakah anak-anak, remaja, atau dewasa. Target pembaca
akan menentukan strateginya. Setelah itu tentukan juga life style atau
kebutuhan pembaca. Misalnya buku best seller yang narasumber tulis yang
berjudul Man Jadda Wajada dibedakan sesuai dengan target pembacanya. Ada man
Jadda wajada untuk orang dewasa, Man Jadda Wajada untuk santri, Man Jadda
Wajada untuk remaja. Jadi seorang penulis harus bisa memetakan kebutuhan
pembacanya. Untuk remaja motivasinya khusus, untuk dewasa motivasinya khusus,
untuk guru motivasinya khusus, dan seterusnya.
Dalam buku yang berjudul “UKTUB’ yang juga merupakan buku best seller dari narasumber, berisi panduan lengkap menulis dan salah satu babnya berisi proses pemasaran buku.
Ada 4 strategi dalam
pemasaran buku yang dikenal dengan 4P (Product, Price, Place of Promotion,
Promotion) yaitu:
1. 1. Strategi Product
Buku untuk guru
berbeda dengan buku untuk mahasiswa, buku untuk remaja berbeda dengan buku untuk
dewasa.
Untuk anak-anak biasanya berwarna, banyak gambar ilustrasi, tulisannya besar dan seterusnya. Jadi kita harus melihat dan menetukan siapa segmen pasarnya. Penulis bisa memberi masukan kepada penerbit kepada siapa buku yang kita tulis ditujukan.
2. 2. Strategi Harga (Price)
Ada harga umum dan ada harga premium. Harga umum biasanya untuk buku-buku yang harganya berkisar 70 atau 80 ribu. Sedangkan harga premium kisaran harganya 150 ribu atau lebih. Biasanya dicetak dengan hard cover. Untuk buku premium harganya di atas rata-rata tetapi memiliki pangsa pasar tersendiri. Ada orang-orang tertentu yang ingin memiliki buku dengan jenis tersebut
3. 3. Strategi Distribusi (Place of Promotion)
Strategi
distribusi ada 2, yaitu:
a. Distribusi Tradisional,
yaitu distribusi di toko-toko buku, baik took buku besar (Gramedia, Kharisma) maupun
toko buku kecil (toko buku di kampus)
b.
Distribusi Non Tradisional,
yaitu distribusi melalui MLM, penjualan langsung lewat online (melalui Market
Place seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, dan lain-lain)
4. 4. Strategi Promosi
Penerbit melakukan
promosi, penulis juga melakukan promosi.
Ada 7 Strategi agar penulis
dikenal pembaca:
1. 1. Launching Buku
Launching buku
bisa dilakukan di masjid, lembaga pendidikan, majlis ta’lim, perpustakaan dan
sebagainya. Intinya launching buku itu mengumumkan bahwa kita punya buku baru.
2. 2. Adakan Bedah Buku
Bisa dilakukan secara life di Face book atau di Instagram
3. 3. Lakukan Seminar atau Workshop
Misalnya seminar atau workshop motivasi untuk buku-buku motivasi
4. 4. Bangun Komunitas
Buku tentang
parenting buat komonitas parenting
Buku tentang
motivasi buat komunitas motivasi
Buku tentang
menulis buat komunitas menulis
Buku tentang
guru buat komunitas guru
Buku tentang santri buat komunitas santri
5. 5. Membangun Reseller
Membangun jaringan untuk membantu memasarkan buku kita. Kasih mereka 20-30 persen.
6. 6. Jualan di Market Place
Seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya.
7. 6. Setiap Hari Promosi di Medsos
Manfaatkan Medsos
yang kita miliki seperti face book, instgram, wa, dan lain-lain. Buat promosi
di medsos dengan sudut pandang yang berbeda, misalnya dengan wawancara atau
yang lainnya, tidak semata-mata jualan.
Terimakasih Pak Akbar Zainudin atas ilmunya yang sangat luar b iasa.
Terimakasih juga buat Om Jay
BalasHapusSudah memberi komentar
JATUH CINTA.
BalasHapusYaa aku jatuh cinta pada kelas ini.
Aku jatuh cinta pada setiap dinding-dindingnya yang tak bertepi.
Aku jatuh cinta pada tugas yang dulu kurasa sangat membebani.
Aku jatuh cinta pada teman- teman yang saling menyemangati.
Pada narasumber yang tak lelah berbagi. Sungguh aku telah jatuh cinta....
kren resumenya
BalasHapusKeren resumenya mantab lanjut
BalasHapusTerimakasih comentnya
BalasHapus